Saturday, June 9, 2012

PENDIRIAN

Kalo lo baca judulnya pasti lo bakal mikir ‘Apaan sih, ga worthy banget nih topik. Kayak ga punya sesuatu yang lebih menarik aja buat dibahas’. Asal lo semua tau, pendirian tuh penting banget buat hidup kita, guys. Kita mungkin hidup dimulai dari bimbingan dan tuntunan nyokap bokap, tapi selanjutnya kita tumbuh. Mulai tumbuh menjadi pribadi kita sendiri dengan sikap dan perasaan kita masing-masing. Ga mungkin kalo kita seratus persen mirip dengan ortu kita. Yah gue tau sih ada peribahasa yang berbunyi “Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga”, namun kenyataan yang sesuai dengan teori di buku biologi yang pernah gue baca ternyata personality alias kepribadian itu juga dipengaruhi oleh lingkungan orang tersebut berada.
Personality lo tuh bakal mempengaruhi pendirian lo. Ada sebagian orang yang pendiriannya kuat. Mau dibakar kek, digebukin kek, diinjek kek, dikentutin kek, dipaksa dengan cara apapun buat
ngerubah pendiriannya ga bakal mempan. Tipe orang yang kayak gini tuh cukup keras. Mau itu bener atau salah, dia tetep perjuangin pendiriannya. Disini nih yang jadi masalah. Apa yang  dianggepnya bener itu ya ga selalu beneran bener pada kenyataan yang bener-bener terjadi *bahasa mulai belibet nih. Bahaya juga kan? Dengan keteguhan hati, dia tetep jalan kaki menyusuri dalamnya samudera luas tanpa mencoba berenang bahkan tanpa bantuan apapun dan siapapun. Widiiiih ngeri, kan?
Ada juga nih, bahkan banyak banget orang yang termasuk ke dalam tipe ga berpendirian teguh atau ga punya pendirian sama sekali. Tipe orang ini tuh menurut gue adalah orang-orang yang –mungkin- penakut atau kurang berwawasan terhadap apa yang harus dilalukan ketika ia menghadapi suatu persoalan. Manusia jenis ga berpendirian biasa ga tau apa yang kudu dipilih, dan cenderung ngikut omongan orang lain.  Temennya mau gini, eh dia ngikut. Temennya mau gitu, eh dia ngikut. Temennya dilindes kereta api, eeeeeh *gausa diterusin ding, bukan happy ending. Ada juga beberapa yang sering ngikutin temennya karena gengsi biar dikata oke. Ngikutin orang lain secara utuh itu salah. Hidup ya hidup lo, pilihan di tangan lo, susah sedih juga yang bakal ngejalanin tuh lo sendiri, bukan orang lain yang melulu lo ikutin. That’s your life, guys. Not the other.
Terlalu ngeyel sama pendirian kita, bahaya. Jadi orang yang ga berpendirian, juga bahaya. Nah lo, nah lo, nah loooo. Terus gimana dong yang bener?
Kalo menurut gue sih emang lebih baik jadi orang yang berpendirian teguh. Pilih apa yang seharusnya kita pikirkan dan apa yang kita mau. Tapi ketika lo bingung atau bimbang sama apa yang akan lo pilih, share aja ke orang terdekat yang lo percaya punya pikiran yang lebih jernih dibanding lo yang lagi butek saat itu. Karena umumnya, orang lain itu bisa ngeliat apa yang ga lo liat saat lo ngehadepin masalah. Ketika kita bingung dan ga tau kudu apa, kebanyakan dari mereka yang lo curhatin bukanlah orang yang sedang buta sama sisi negatif dan positif dari pilihan-pilihan pemecahan masalah lo. Setelah lo curhat dan dapet secerca pencerahan, it’s the time for you to think which one is the best sollution you can take.
Sekian postingan gue ini. Walaupun sedikit, tapi semoga bermanfaat bagi lo.
With love, Eka Mulya A.

1 comment: