Thursday, August 2, 2012

My True Story: KEAJAIBAN SEDEKAH

Sebelumnya gue mau bilang sedikit, ini cuman untuk berbagi pengalaman, tiada maksud untuk menunjukkan apa yang udah gue lakukan.
Gue masih inget banget tentang salah satu pengalaman spiritual yang berharga di hidup gue, ESQ training pada tanggal 29 Juli 2012 yang bertepatan dengan tanggal 9 Ramadan. Tapi kali ini gue ga mau membahas tentang apa aja yang berkaitan tentang ESQ training.
Singkat cerita, saat ESQ yang gue lakuin, ada sesi bersedekah dimana setiap mahasiswa diperkenankan berbagi sedikit uang yang dimiliki untuk beramal. Gue inget kalo sebelum-sebelumnya gue jarang banget bersedekah, so tanpa pikir panjang gue ambil duit yang gue punya. Miris banget sih saat liat isi dompet yang pas-pasan. Tapi ketika itu gue ngedenger suara trainer ESQ melalui sebuah speaker, “Silahkan berbagi. Kami yakin, jika anda berbagi dengan hati yang tulus ikhlas, niscaya anda akan mendapat balasannya.
Jika di bulan biasa anda mendapat balasan sepuluh kali, mungkin di bulan yang suci ini anda bisa mendapatkan balasan hingga seratus kali lipat. Yakinlah Allah akan membalasnya entah di dunia maupun di akhirat nanti.” Gue memantapkan hati untuk menyisihkan sepuluh ribu rupiah. Setelah uang mulai terkumpul dalam kotak-kotak yang telah disediakan, kami berdoa agar apa yang telah kami lakukan dengan keikhlasan akan mendapat balasan dari Allah SWT.
Sehari setelah itu, gue ngelaksanain ITS EFL Test, tes bahasa Inggris semacam TOEFL. Selepas tes, gue ngerasa telepon genggam gue bergetar. Gue sadar kalo udah berjam-jam gue belum ngecek isi handphone. Gue baca beberapa sms yang masuk. Tanpa terduga-duga Alhamdulillah gue ngedapetin sms dari salah seorang yang gue kenal kalau beliau membagi sedikit rejekinya buat gue. Cukup banyak lah untuk seorang mahasiswi yang sama sekali belum bisa ngehasilin uang dari jerih payah sendiri. Uang senilai satu juta rupiah gue terima, separuh bagian untuk membeli sandang dan sisanya untuk ditabung. Gue bener-bener kaget dengan rejeki yang tiba-tiba datangnya itu.
Sesampainya di rumah, gue berpikir tentang kejadian menyenangkan tersebut. Gue teringat akan acara sedekah di hari sebelumnya, ketika gue ngedenger pesan trainer pada speaker. Seketika itu pula gue memaknai bahwa ini memang balasan yang gue dapet setelah bersedekah dengan perhitungan tepat seratus kali lipat dari jumlah awal yang gue keluarin, sepuluh ribu rupiah.
Pengalaman yang satu ini mungkin akan menjadi salah satu pengalaman spiritual yang bakal sulit untuk gue lupain. Setiap apa yang kita perbuat, entah itu kebaikan atau keburukan akan mendapat balasan dari Allah, entah secara langsung atau tidak. Ini karena Allah selalu memperhatikan setiap umatnya. Subhanallah!
With love, @EkaMulyaA

1 comment: