Wednesday, January 16, 2013

Tips masuk Perguruan Tinggi

Milih Perguruan Tinggi merupakan salah satu pertimbangan besar untuk seseorang yang berada di ujung masa SMA. Mengapa? Karena emang jurusan yang akan lo ambil bakal menentukan nasib lo, bukan hanya nasib kuliah selama empat tahun, melainkan juga nasib atau bidang pekerjaan lo di kemudian hari.
Ga sedikit mahasiswa yang mengalami frustasi karena salah milih jurusan. Bukannya semakin banyak meraih prestasi, mereka mengalami kemunduran semangat belajar dan jauh dari prestasi. Sangat disayangkan kalo hal ini terjadi.
Gue mau share beberapa tips untuk milih Perguruan Tinggi. Beberapa di bawah ini adalah tipsnya:

Antara Minat dan Bakat
Lo kudu bisa ngebedain minat dan bakat lo. Minat adalah pertanyaan berupa, “Lo mau dan bener-bener pingin kuliah dimana?”. Sedangkan bakat dapat disimbolkan dengan pertanyaan, ”Selama ini, lo bisa apa? Lo pinter di bidang apa?”. Banyak orang yang ga mau menyadari bakat yang ada di dalam dirinya. Mungkin minat lo ngga sesuai sama bakat yang lo punya. Dan mungkin, gimana pun ceritanya, lo ngga bisa ngikutin semua minat lo. Yaudah, jangan maksain diri.
Biasanya, di ujian masuk perguruan tinggi semacam SNMPTN, lo bakal diberi kesempatan buat milih Perguruan Tinggi beserta jurusannya. Jangan egois dengan menempatkan semua jurusan yang sesuai minat lo, perhitungkan juga bakat lo. Dan saran gue, gunakan perbandingan. Misalnya lo dikasih tiga pilihan, ya masukin dua jurusan yang sesuai minat lo di pilihan pertama dan kedua, sisanya di pilihan ketiga masukin jurusan yang sesuai sama bakat yang lo punya. InsyaAllah sih, dengan teknik seperti itu lo bisa diterima di pilihan pertama atau kedua dan worse casenya lo bakal masuk di pilihan ketiga yang sesuai bakat o itu.

Cari Info Perguruan Tinggi
Cari tuh seluk beluk Perguruan Tinggi yang bakal lo pilih. Mulai info general, prestasi jurusan, prospek jurusan, hingga tentang mata kuliah yang diajarkan. Banyak sih sumbernya, mulai dari internet, orang di sekitar, mahasiswa yang udah ada di jurusan itu, guru, dan lain sebagainya. Pilih perguruan tinggi yang cocok menurut pemikiran lo.


Duit, Biaya Hidup
Ini tips buat calon mahasiswa, khususnya yang berstatus ekonomi menengah ke bawah atau mahasiswa rantau. Lo kudu ngitung bener-bener tentang uang yang bakal lo gunakan selama kuliah. Jangan sampe ngga realistis dan menyusahkan orang tua. Toh hidup lo di tempat rantau bakalan susah kalo lo sampe salah memperhitungkan biaya.

Grade dan Peluang Lo Masuk
Sering-sering update tentang grade dan persentase peluang masuk lewat jalur SNMPTN di tahun-tahun yang lalu. Paling ngga, lo bakal ngerti patokan buat masuk ke jurusan tersebut. Ohiyaaaa, sering-sering juga deh ikut tryout untuk mengukur seberapa bagus kemampuan otak lo.

Belajar, Berdoa dan Restu Orang Sekitar
Poin yang satu ini udah umum dan ga perlu dijabarkan lagi. Okeeeeeh,good luck and  bye-byeee.

No comments:

Post a Comment