Friday, June 28, 2013

Holiday Edisi Amazing Jogja

Good bye 2nd semester and welcome to loooooong holiday.
Di awal liburan kali ini The Kamsek'ers (Septa, Jauhar, Nuke, Afifa, Astried, Rizka, Vivi, Balqis) serta dua orang anggota selundupan yaitu gue dan Kikik melancong ke Jogja selama tiga hari dan ke Semarang selama dua hari. Sebenernya gue bingung mau cerita apaan karena banyak banget sih pengalaman melancongnya.
Oke deh. Daripada bingung, mending gue ceritain runtut per harinya aja kali ya. Jeng-jeeeng, postingan edisi Jogjakarta!

#Day 1#
Perjalanan dimulai dari St Gubeng Surabaya, kami bersepuluh naik kereta api ekspress Sancaka. Gue emang sengaja ga bawa banyak barang, sehingga ketika ngeliat koper Nuke dan Balqis gue ngerasa mereka salah tujuan. Harusnya mereka traveling ke luar negeri...
Awalnya trip di kereta berlangsung menyenangkan dan rame, namun semua berubah ketika ada pengumuman untuk segera mengikuti Oprec HMSI. Kami yang ga bawa laptop buat ngerjain CV dan pendaftaran online seketika itu galau, resah, gundah, gulana.... Pada mikir 'Masa iya kita liburan malah mikirin oprec? Masa iya kita sampe di Jogja bukannya hepi-hepi malah langsung ngewarnet?'
Jam 13:00 waktu Indonesia bagian Jogjakarta kereta sudah sampai di Stasiun Tugu. Rombongan jalan kaki menuju penginapan di seputaran Malioboro. Mungkin lebih tepat jika hotel tersebut disebut kosan, karena emang lebih mirip sama kosan mewah dibanding hotel.

Sampai di 'Kosan'

Malamnya kami berbelanja di Malioboro. Dokumentasi tidak lengkap karena masing-masing sibuk ngacir ngeborong belanjaan. Ini beberapa dokumentasinya, ada gue, Nuke, Kikik, Jauhar dan Septa. Kami berlima jalan pulang pergi dari ujung ke ujung Malioboro dan pasar Beringharjo. Dari sini gue ada feeling bakal pulang ngesot efek kecapekan jalan kaki...

Seputar Malioboro 1
Seputar Malioboro 2

#Day2#
Liburan ala backpacker dimulai pada hari kedua ini, seringnya kami jalan kaki untuk berwisata dari satu tempat ke tempat lain. Dari penginapan yang mirip kosan tersebut, pertama kali kami menuju ke Museum Benteng Vredeburg. Disini banyak sekali diorama, barang peninggalan penjajahan Belanda, sekaligus spot foto yang bagus. Hehehe
Depan Museum Benteng
Kurang Siapa ya...
Di dalam Diorama 1
Iseng Fotoin Orang yang Lagi Difotoin
Bagus Kan Ye Museum Bentengnya
 Setelah itu kami jalan ke Keraton Yogyakarta. Disini feeling gue pulang ngesot muncul lagi...
Keraton Yogyakarta 1
Keraton Yogyakarta 2
Keraton Yogyakarta  3
Keraton Yogyakarta 4

Puas di Keraton, perjalanan dilanjutkan ke Dagadu dan Tamansari (bangunan pemandian bawah tanah). Tapi yang ini udah engga jalan kaki, kita nyoba naik becak. Di Tamansari gue dan Nuke hampir aja jadi anak ilang terpisah dari rombongan gara-gara sibuk hunting foto sendiri.

Dagadu, Septa dan Belanjaannya
Tamansari 1
Tamansari 2

Jam 14:00 siang kami udah balik ke 'kosan'. Setelah itu agenda bebas. Sebagian ada yang ngacir ke warnet terdekat buat ngurus Oprec HMSI, ada yang tidur di 'kosan', dan ada pula yang mengeong-ngeong nyari makanan.

Yang mengeong-ngeong mencari makanan

#Day3#
Ini adalah hari kita checkout dari hotel kosan sekaligus otw ke Semarang. Oleh karena itu, untuk perjalanan hari ketiga ini kami memilih spot wisata yang jauh-jauh mnggunakan transport ELF (semacam travel). Tempat yang dikunjungi adalah Borobudur dan Kaliurang di lembah Merapi.

Borobudur, bersama seorang coverboy dadakan
Borobudur dengan jaket identitas ITS
Borobudur, Rizka
Borobudur, gue
Borobudur, Septa
Borobudur. Balqis, Rizka, Vivi

All team, kecuali...

Kalo yang di bawah ini  adalah foto di air terjun Kaliurang, engga kayak air terjun pada umumnya yang grojogan, ini airnya malah kayak pipis bayi, dikit-dikit keluarnya. Efek ketutup erupsi Merapi kali ya.
Menuju Kaliurang
Di Kaliurang 1
Di Kaliurang 2
Dari Kaliurang rombongan menuju terminal bus untuk melanjutkan liburan ke Semarang, rumah Astried. Agak shock ketika sebagian besar dari kami masih tertidur pulas di ELF tiba-tiba supir menurunkan kami di ujung jalan di dekat terminal. Bukan hanya itu, seorang kernet bus jurusan Jogja-Semarang langsung menghampiri dan memaksa rombongan untuk naik di busnya. Kami pasrah naik bus tersebut karena hujan semakin deras. Kami belum tau apa yang akan terjadi di bus ekonomi ini....
Suasana dalam bus cukup pengap, maklum bus ekonomi 8000an. Asap rokok pengemudi dan seorang penumpang menambah pengapnya bus. Pepatah gue mengatakan "Murah, jangan minta selamat." Itulah yang terjadi, bus ini ugal-ugalan banget. Suka nyalip tiba-tiba dan nyaris nabrak mobil di sisi kanan. Itung-itung naik roller coaster di jalanan kota Yogyakarta. Huwooo. Dan moment paling awkward adalah hanya Jauhar yang mampu terlelap dengan gantengnya di bus maut ini. Gue masih ngga habis pikir sama cowok Bojonegoro yang satu ini...
Pepatah selanjutnya adalah "Lepas dari mulut buaya, masuk ke mulut harimau." Oleh bus roller coaster, kami diturunkan di sebuah terminal antah-berantah di tengah derasnya hujan untuk oper ke bus lainnya. Bukan semakin baik, cerita di bus operan ini makin gila. Mulai dari beberapa pengamen yang keluar masuk bus untuk mencari rezeki dengan suara cempreng yang sedikit menggangu, paksaan kernet bus untuk menambah penumpang walau bus sudah penuh sesak, ada ibu-ibu rumpi, dan yang paling heboh adalah Astried. Dia sebangku dan menjadi teman curhat seorang bapak malang yang sedang bertengkar hebat di telepon karena sang istri ketauan selingkuh dengan pria lain bernama Karmin. Tidak berhenti disitu, wajah Astried juga dipantati oleh penumpang yang ga dapet tempat duduk. Tapi mau ga mau Astried tetap duduk dengan bapak tersebut karena hanya bapak itulah yang paham dimana kami harus turun dari bus. Pokoknya, cerita di bus ini milik Astried...
 Setelah tiga jam, akhirnya kami bersembilan terlepas dari jeratan bus sesak tersebut dan melanjutkan perjalanan dari terminal ke rumah Astried dengan menyewa sebuah angkot.
Gue ngerasa seorang Fifa sungguh beruntung tidak mengalami hari bus gila ini, tetap stay di Jogja dan berpisah dengan rombongan yang pergi ke Semarang.

Jika masih belum puas dengan foto-foto disini, temukan foto-foto edisi Jogja lengkap di facebooknya Nuke:
wonderful Trip Jogja Day1
wonderful Trip Jogja Day2
wonderful Trip Jogja Day3

Nantikan cerita "Holiday Edisi Wonderful Semarang" di postingan selanjutnya yaaaa. :D