Sunday, December 22, 2013

ICT Campaign: Berinternet dengan Bijak



Saat ini nternet bukan lagi menjadi teknologi yang sulit dijangkau oleh anak-anak. Semakin maju dan murahnya teknologi, membuat internet dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Mulai dari komputer, laptop, tablet, bahkan handphone sudah didukung oleh layanan internet di dalamnya. Iya, anda boleh lega dengan ini. Namun, apakah pernah terpikirkan oleh anda tentang bahaya internet yang selalu mengintai anak-anak?
Kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai bahaya internet mendorong Departemen Sosmas Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ITS untuk mencetuskan sebuah acara roadshow tentang internet sehat yang bernama ICT Campaign. Pada tahun pertama penyelenggaraan, ICT Campaign membidik siswa dari 5 sekolah di Surabaya untuk menjadi pesertanya. Dengan tema “It’s Time to Know, It’s Time to Learn, It’s Time to Better”, Departemen Sosmas mengajak setiap siswa SMP dan SMA untuk mulai sadar dan berusaha mewujudkan penggunaan internet secara bijak.
Dalam ICT Campaign, peserta diberikan pengetahuan lebih tentang manfaat dan bahaya internet (baik itu sosial media, internet secara umum, maupun game online) serta tips untuk menggunakan internet secara bijak.
 
Antusiasme peserta ICT Campaign di SMPN 19 Surabaya

Sesi penyampaian materi oleh salah satu staff Departemen Sosmas HMSI ITS (Bagus)

Penyampaian materi tips internet sehat dan bijak

Hingga Desember 2013, ICT Campaign telah diadakan di tiga sekolah besar di Surabaya, yaitu SMPN 17 Surabaya, SMAN 9 Surabaya, dan SMPN 19 Surabaya. Pihak sekolah maupun siswa peserta pun sangat mengapresiasi adanya roadshow semacam ini. “Wah, bermanfaat sekali. Dengan ini saya akan berusaha menggunakan internet dengan lebih bijak. Baiknya roadshow semacam ini diadakan untuk semua siswa di Surabaya,” kata seorang siswa SMAN 9 Surabaya dalam testimoni tertulis seusai acara. “Datang lagi ya kak,” pinta beberapa siswa peserta lainnya.
Dengan roadshow semacam ini, diharapkan muncul niat baik dan usaha masyarakat dalam mewujudkan penggunaan internet secara bijak. Kita doakan saja semoga ICT Campaign HMSI ITS selanjutnya dapat diadakan lebih baik dan meluas dari penyelenggaraan sebelumnya.

Fanpage ICT Campaign: https://www.facebook.com/ICTCampaign 

No comments:

Post a Comment