Tuesday, January 31, 2017

Pesona Pantai Batu Bengkung yang Tak Terbendung



Malang Selatan adalah surga bagi pecinta wisata. Beraneka ragam keindahan wisata alam tersedia di Malang Selatan. Salah satunya adalah pantai Batu Bengkung.
Pantai Batu Bengkung terletak di Gajah Rejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 65 Km dari Kota Malang, pantai ini dapat ditempuh dalam dua hingga tiga jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jalan raya di sekitar area pantai juga sangat mulus, sehingga tempat ini mudah untuk dicapai. Pantai Batu Bengkung berada satu jalur dengan pantai lain, seperti pantai Goa Cina dan Bajulmati. Anda dapat mengikuti rambu petunjuk arah dua pantai tersebut untuk menuju ke pantai Batu Bengkung. Namun jika Anda menginginkan rute yang lebih pendek, Anda dapat memilih jalan alternatif dengan melewati pedesaan dan jalan agak terjal yang ditunjukkan oleh alat GPS (Global Positioning System).
Harga tiket masuk ke Pantai Batu Bengkung adalah Rp 10.000,00 per orang. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000,00 untuk mobil, Rp 5.000,00 untuk motor. Jika pengunjung ingin menginap, tiket masuk dibebankan sebesar dua kali lipatnya. Pantai Batu Bengkung juga telah memiliki fasilitas yang cukup baik untuk para pengunjung, seperti kamar mandi, mushola, pedagang makanan instan atau seafood, dan gubug. 

Pantai Batu Bengkung menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Terdapat barisan batu karang membentang membentuk garis lurus. Barisan karang ini seakan melindungi kolam air asin di dalamnya yang terbentuk dari ombak yang berhasil melewati karang tersebut. Anda dapat berenang dalam kolam air asin selama laut tidak surut atau belum terlalu pasang. Ketika laut surut, kolam akan kering. Sebaliknya jika laut pasang, daerah sekitar kolam akan berbahaya karena ombak pantai sangat ganas.
Anda dapat mendaki ke atas tebing untuk mendapatkan pemandangan sisi lain pantai Batu Bengkung yang tidak kalah indah. Namun untuk pergi ke tebing tersebut, Anda harus berhati-hati karena tebing cukup licin dan berbatasan langsung dengan lautan lepas.
Seperti mayoritas pantai di Malang Selatan, Pantai Batu Bengkung menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga memiliki ombak besar. Di pagi hingga sore hari terdapat petugas pantai yang setia mengawasi dan mengingatkan pengunjung untuk tidak terlalu dekat dengan laut. Sedangkan untuk malam hari, pengunjung yang masih berada di pantai ini dihimbau agar menjaga diri masing-masing dari bahaya laut lepas.



Tulisan saya ini dimuat juga di Harian Surya (dengan suntingan): http://surabaya.tribunnews.com/2016/12/29/pesona-pantai-batu-bengkung-yang-tak-terbendung

No comments:

Post a Comment