Wednesday, August 23, 2017

Bakso Es Campur Pak Djo Manyar Tirtoasri Surabaya


Bakso Pak Djo Manyar Tirtosari
Bakso Pak Djo
Lama kelamaan blog saya jadi blog spesialis review bakso ya 😁 Ga sengaja sih, tapi karena saya sering mendatangi depot bakso, alhasil yang direview ya bakso. Kali ini saya akan mereview Bakso dan Es Campur Pak Djo yang berlokasi di Jalan Manyar Tirtoasri XII no 2 Surabaya. Lokasinya berada di sekitar kompleks perumahan jadi agak tersebunyi dari dunia luar. Walaupun begitu, depot bakso ini tidak pernah sepi dari pelanggan. Saat saya dan rombongan kesana, banyak sekali mobil dan motor pengunjung yang diparkirkan. Untung saja rombongan saya masih kebagian satu space parkir mobil.


Penampakan depot bakso ini kecil, bangunannya terlihat agak kuno ala-ala bangunan tahun 80 atau 90an. Pengunjung bisa memilih meja di dalam ruangan atau di luar ruangan. Jangan khawatir jika anda memilih meja di luar ruangan, karena tempat tersebut juga dilengkapi dengan atap semi permanen. Salah satu nilai tambah dari Bakso Pak Djo ini adalah kebersihan dan kerapian depot ini. Tanaman di luar ruangan menambah keasrian dan kesegaran depot. Saya merasa nyaman berada di depot ini walaupun saat itu sedang ramai-ramainya pengunjung ditambah dengan bising speaker pemutar musik-musik Indonesia. Mungkin karena ambience depot ini yang "Indonesia banget".
Bagian luar depot bakso pak djo
Bagian dalam bakso pak djo
Seperti judulnya, menu utama yang ditawarkan disini adalah bakso. Uniknya, Bakso Pak Djo ini menyediakan berbagai pilihan bakso, mulai dari bakso halus, kotak, kasaran, bakso lulur, bakso urat, dan lain sebagainya. Lengkap banget. Kebetulan saat itu saya berkesempatan mencicipi bakso tersebut gratis, maklum berangkatnya bareng bos dan staf lain. Alhamdulillah. Karena saya penasaran dengan masing-masing jenis bakso, akhirnya saya memesan bakso campur. Sedangkan pak bos dan staf lain memesan bakso spesial lulur dalam. Cara memesan bakso dan minumannya mudah, anda tinggal menuju ke stan baksonya. Nanti pramusaji akan mengantarkan pesanan ke meja anda. Bayar baksonya kapan? Bayarnya saat sudah selesai makan. Anda hanya perlu menuju ke kasir, menyebutkan semua yang telah anda pesan, lalu membayarnya. Takut pengeluaran membengkak? Tenang, anda bisa menghitung sendiri pesanan anda karena harga dari setiap menu makanan sudah terpampang jelas di dinding depot. Jika dihitung-hitung, cukup dengan merogoh kocek Rp 20.000,-an, pengunjung terpuaskan dengan seporsi bakso lengkap dengan minumannya
Daftar menu dan harga bakso pak djo manyar surabaya


Seporsi bakso campur Pak Djo
Bakso Pak Djo ini sangat jelas adonannya mayoritas terdiri dari daging sapi asli. Hal ini terasa saat kita menggigit bakso tersebut, bakso terasa solid dan fresh. Yang paling saya suka dari bakso campur adalah bakso kotak dan bakso telur puyuhnya. Kedua jenis bakso tersebut rasanya pas banget dan teksturnya cocok untuk saya. Selain itu yang saya suka adalah siomaynya, gampang dikunyah dan tidak keras. Gorengannya juga renyah dan tidak membuat kerongkongan terasa kering. Namun untuk kuahnya saya rasa kurang nendang. Kurang sedikit asin dan gurih. Maklum ya, saya generasi micin yang selalu merasa kurang afdhol jika rasa makanannya kurang nendang. Tapi overall bakso ini cukup layak dan enak dinikmati.

No comments:

Post a Comment