Monday, March 29, 2021

REVIEW - Beberapa Merk Popok Sekali Pakai (Harga, Daya Serap, Kelembutan, dll)

Semenjak anak saya lahir hingga saat ini, dia sudah berpengalaman mencoba cukup banyak jenis popok sekali pakai. Berikut reviewnya. Oh ya, disini saya tidak menyebutkan harga per pcs ya, karena harga popok sekali pakai juga dipengaruhi oleh size popok. Terlalu banyak jika disebutkan satu persatu. Saya hanya akan memberi perbandingan dengan sistem rating. Untuk kualitas perekat, saya menilai kekuatan perekat dari pospak, sedangkan untuk kualitas karet, saya menilai elastisitas karetnya.

Oh iya, untuk cocok tidaknya popok sekali pakai untuk anak anda mungkin berbeda dengan anak saya, karena setiap bayi memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda terhadap bahan atau kandungan zat kimia dalam masing-masing produk.


Mamypoko Extra Soft (perekat)

Mamypoko Extra Soft perekat ini adalah pospak pertama yang dipakai anak saya ketika newborn. Pospak ini saya dapatkan dari fasilitas RSIA tempat anak saya lahir. Dari segi kelembutan dan kualitas rekat, pospak ini terbaik dari sekian list yang saya jelaskan pada postingan ini. Perekatnya menggunakan perekat seperti velcro, bukan dengan perekat solasi/lem. Jadi jika terkena air, perekatnya masih bisa dipakai. Biasanya ketika sudah kotor, saya membuang pospak ini dengan merekatkan kedua velcronya ke tengah.
Kelembutan: 10/10
Harga: $$$$/$$$$$
Daya Serap: Sangat baik
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆☆☆/☆☆☆☆☆


Sweety Gold Comfort (perekat)

Karena Mamypoko Extra Soft perekat menurut saya agak mahal, jadi saya mencoba untuk beralih ke pospak dengan kualitas yang kurang lebih sama dengan harga bersaing. Saya menemukan Sweety Gold (perekat) ini. Kualitasnya baik, hanya saja terkadang perekatnya mudah lepas jika terkena sedikit air. Daya serapnya juga sangat baik, hanya saja pospak ini mudah mengembung jika sudah penuh.

Kelembutan: 9/10
Harga:$$$$/$$$$$
Daya Serap: Sangat baik
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆☆/☆☆☆☆☆


Mamypoko Extra Kering (perekat)

Saya juga mencoba pospak murah dan yang lebih terjangkau untuk anak saya. Saya menemukan Mamypoko Extra Kering (perekat). Harganya murah dibanding dengan popok perekat lainnya. Namun memang harga sering sebanding dengan kualitas. Pospak ini cukup kasar dan kurang cocok untuk pantat bayi baru lahir yang sangat sensitif. Anak saya ruam ketika menggunakan popok ini. Saya sarankan untuk menggunakan popok ini ketika pantat bayi mulai terbiasa dengan lingkungan luar (sekitar usia 2-3 bulanan).

Kelembutan: 6/10
Harga: $$/$$$$$
Daya Serap: Biasa
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆/☆☆☆☆☆



Happy Nappy (perekat)

Happy Nappy (perekat) ini menjadi salah satu popok perekat favorit saya dari segi harga dan kualitas. Walaupun tergolong murah, namun daya serapnya cukup baik. Selain itu, Happy Nappy juga tidak terlalu kasar untuk bayi 1-3 bulanan
Kelembutan: 7/10
Harga: $$$/$$$$$
Daya serap: Cukup
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆/☆☆☆☆☆



Happy Nappy Smart Pantz (Pants)

Happy Nappy Smart Pants ini menurut saya kualitasnya mirip dengan versi perekatnya. Alas tidak terlalu lembut dan tidak kasar juga. Saya hanya satu packs menggunakan Happy Nappy Smart Pants ini karena hendak mencoba produk yang lebih oke.


Kelembutan: 7/10
Harga: $$$/$$$$$
Daya serap: Cukup
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆/☆☆☆☆☆


Baby Happy (pants)

Untuk kualitas karet, Baby Happy Pants ini menurut saya paling baik jika bunda mencari pospak yang longgar dan tidak terlalu ketat di pinggang. Kulit pinggang anak saya bebas dari bekas karet pospas ini. Saya sarankan jika hendak membeli Baby Happy, pilihlah size yang sesuai dengan umur bayi karena pospak ini cukup besar dibanding dengan pospak lain. Untuk daya serap, Baby Happy cukup baik. Anak saya hanya kebocoran 2-3 kali selama menggunakan Baby Happy dua bulanan. Oh iya, menurut saya Baby Happy ini tidak cukup lebar dibanding dengan popok lain, hanya saja popok ini memiliki semacam double layer karet pada area selangkangan bayi untuk menanggulangi kebocoran, terutama poop bayi.

Kelembutan: 7,5/10
Harga: $$/$$$$$
Daya Serap: Cukup baik
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆☆/☆☆☆☆☆


Fitti Day and Night (pants)

Dari segi harga dan daya serap, Fitti Day and Night Pants ini juga sempat menjadi favorit saya. Saya  sering membeli Fitti Day and Night Pants ini saat ada Flash Sale di shopee atau Lazada, harganya akan turun jauh dari harga normal. Jadi sering pantau olshop jika bunda berencana untuk membeli Fitti Day and Night Pants. Pospak ini aman digunakan dalam jangka waktu lama dan jarang menimbulkan kebocoran. Hanya saja bunda perlu waspada terhadap size Fitti Day and Night Pants ini. Kemungkinan besar bunda perlu menambah 1-2 size popok yang lebih besar karena daya elastisitas karetnya tidak cukup baik. Sebagai contoh, anak saya yang dulunya pakai size M, untuk Fitti Day and Night Pants ini harus menggunakan size XL. Range size untuk pospak ini juga tidak terlalu banyak.
Kelembutan: 7/10
Harga: $$/$$$$$
Daya Serap:
Kualitas Perekat/Karet:☆☆/☆☆☆☆☆


Goon regular (pants)

Goon regular pants ini cukup terjangkau dan memiliki daya serap baik. Kualitas karetnya juga cukup baik. Daya serap pospak ini dapat dikatakan cukup baik, tidak kurang dan tidak lebih. Anak saya pernah 3 kali kebocoran di pagi hari setelah bangun.
Kelembutan: 7,5/10
Harga: $$/$$$$$
Daya Serap: Cukup
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆/☆☆☆☆☆


Goon Smile Baby Night (pants)

Goon Smile Baby Night Pants ini saya gunakan ketika bayi sudah mulai rajin bergerak dan memproduksi pipis yang cukup banyak. Goon Smile Baby Night Pants ini mampu menampung air secara maksimal, terutama di malam hari. Sehingga bunda tidak perlu repot-repot membangunkan bayi tengah malam untuk ganti popok. Bayi tidur nyenyak dan seprei aman dari ompol hingga bayi bangun.
Kelembutan: 8/10
Harga: $$$$/$$$$$
Daya Serap: Sangat baik
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆☆/☆☆☆☆☆


Sweety Silver (Pants)

Sweety Silver Pants ini adalah pospak favorit ketika bayi saya mulai berusia satu tahun. Mengapa? Karena range berat badan untuk pospak ini sangat beragam. Anak saya (11 kg) yang biasanya menggunakan size XL pada merk lain, cukup dengan L pada Sweety Silver Pants ini. Selain itu pospak ini tidak kasar dan menampung cukup banyak ompol. Selain itu, karetnya juga cukup elastis dan ramah di pinggang (tidak berbekas dan membuat kulit gatal).
Kelembutan: 8/10
Harga: $$$/$$$$$
Daya Serap: Sangat baik
Kualitas Perekat/Karet: ☆☆☆☆/☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment