Thursday, February 18, 2016

Berbagi Informasi di Media Online? Simak Tips Berikut Ini!

Saat ini media komunikasi dan informasi online menjamur, baik media jejaring sosial yang umum dapat dibuka oleh semua orang hingga media online yang bersifat private semacam Path atau Whatsapp. Dengan banyaknya media online, maka informasi juga menjadi lebih cepat dan mudah untuk disebarkan. Namun banyak orang yang tidak paham benar tentang bagaimana menyebarkan informasi melalui media online.
Berikut adalah tips berbagi informasi di media online dari saya, diambil dari pengalaman dan pengamatan pribadi:
Pertama, pastikan sumber berita adalah sumber terpercaya. Kini informasi mudah tersebar dari satu orang ke orang lain, namun keaslian informasi tidak dapat dipercaya. Informasi tidak terpercaya tersebut biasa kita kenal dengan HOAX. Maka sebelum menyebarkan informasi yang diperoleh dari orang lain, pastikan informasi tersebut asli dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika perlu, cantumkan asal darimana berita tersebut anda dapatkan sejelas mungkin. Hal tersebut dilakukan agar berita dapat ditelusuri sumbernya.
Kedua, pastikan anda menyebarkan informasi ke audiences yang tepat. jangan sampai informasi yang anda sebarkan salah audiences dan mereka anggap tidak berguna. Misal, menyebarkan informasi lomba anak SMA ke audiences yang mayoritas adalah anak kuliahan.
Ketiga, hindari pemberian link URL aneh, misal bit.ly/jeaJYfn. Pemberian link yang lebih singkat emang akan mempermudah audiences untuk mengetikkan ulang link, namun banyak juga audiences yang tidak mempercayai link semacam itu. Link aneh dan tidak jelas dapat dianggap bot lah, mengandung virus lah, dan dugaan-dugaan negatif lain oleh audiences.
Keempat, hindari broadcasting atau spamming berlebihan. Menurut pengalaman, ada seorang teman saya yang gemar mem-posting informasi yang sama ke banyak grup chat namun mayoritas member grup tersebut adalah orang yang sama. Pada awalnya, hal tersebut memang dapat dimaklumi namun akhirnya mereka yang berada di grup tersebut akan malas membaca informasi yang anda sebarkan.
Kelima, gunakan bahasa informatif dan efektif. Anda dapat mengawali postingan dengan bahasa yang menarik. Jika anda tahu, hal ini adalah trik yang dilakukan oleh website penyebar berita online. Pengelola website memberi judul artikel yang eye-cathing untuk menggaet perhatian audinces agar mereka mau membuka link berita tersebut. Selain awalan postingan menarik, pastikan isi informasi juga menarik. Hindari penulisan artikel yang terlalu panjang dan bertele-tele.

Itulah tips berbagi informasi di media online dari saya. Semoga hari anda menyenangkan! Sekian dan terima kasih.

1 comment:

  1. Really a great addition. I have read this marvelous post. Thanks for sharing information about it. I really like that. Thanks so lot for your convene. smm panel

    ReplyDelete