Friday, January 20, 2017

Pengalaman Tes ANTAM Fresh Graduate Program (AFGP) 2016

Pada awal Desember 2016 hingga pertengahan Januari 2017, saya mengikuti serangkaian tes rekrutmen ANTAM Fresh Graduate Program (AFGP). Program ini adalah program pemagangan bagi fresh graduate S-1 dalam bentuk in class training dan on the job training selama 1 tahun di ANTAM. 
Berikut merupakan posternya:
Poster ANTAM Fresh Graduate Program
Kebetulan saya berkesempatan mengikuti serangkaian tes mulai dari video screening hingga tes Medical Check Up. Berikut pengalaman saya:

Video screening:
Peserta diwajibkan membuat video berdurasi 3 menit yang berisi pengenalan diri, motivasi mengikuti program dan menjelaskan satu materi umum yang telah dipelajari di perkuliahan. Tipsnya: rekam video dengan baik, pastikan suara dapat didengar, gambar jelas, bisa diberi animasi kreatif, sampaikan materi ringan namun berbobot, percaya diri dalam video. Pokoknya dalam video screening kita harus berpandai-pandai "menjual diri"

Online test
Online test bekerja sama dengan website penyedia layanan test/e-learning bernama http://classmarker.com/. Yang membuat soal adalah PT ANTAM. Website tersebut hanya memfasilitasi sebagai media penyampaian tesnya saja.
Tes online meliputi tes logika sebab akibat, tes pengetahuan umum berbahasa inggris, tes matematika umum, tes deret angka.
Tes logika sebab akibat kita harus paham hubungan dari dua pernyataan. Contohnya:
    Kalimat 1: Harga jual emas murni naik.
    Kalimat 2: Biaya produksi emas yang diperlukan pihak tambang mengalami kenaikan.
    Hubungan yang benar dari dua pernyataan di atas adalah:
     a) Kalimat 1 adalah penyebabnya, kalimat 2 adalah akibatnya
     b) Kalimat 1 adalah akibatnya, kalimat 2 adalah penyebabnya
     c) Kalimat 1 dan Kalimat 2 merupakan akibat dari penyebab yang berbeda
     d) Kalimat 1 dan Kalimat 2 merupakan akibat dari penyebab yang sama
Tips untuk mengerjakan tes logika sebab akibat sih banyak-banyak baca, coba belajar mengenali sebab-akibat. Oh iya, anda juga perlu berlatih untuk membaca kalimat yang agak panjang karena beberapa soal dalam tes memang memiliki struktur yang cukup panjang.
Untuk bagian tes pengetahuan umum berbahasa Inggris, tes ini memang tidak bisa dihafalkan, karena seperti yang kita tahu pengetahuan umum itu luas dan tidak bisa diprediksi seperti apa soalnya. Berhubung online, anda masih bisa mencari jawabannya di Google dengan cara sekreatif mungkin. Dan karena tesnya berbahasa Inggris, saya sarankan anda untuk berlatih membaca kalimat dalam bahasa Inggris ya.

Psikotest
Peserta yang lolos online test akan dihubungi melalui e-mail dan dicantumkan pada web ANTAM untuk kemudian mengikuti psikotest di kota pilihan masing-masing. ANTAM mempercayakan penyelenggaraan psikotest AFGP 2016 pada PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PT PKSS) yang masih dalam BRI Group. Tes psikotest diadakan lengkap sehingga memakan waktu cukup lama, 4 jam. Saran saya sih, makan terlebih dahulu dan persiapkan diri untuk mengerjakan semua bagian tes dengan baik. Terdapat beberapa jenis psikotes yang diberikan. Ada tes hitungan (menghitung pecahan, bilangan desimal), tes hubungan gambar, tes analisa verbal (sinonim dan antonim), tes analisa non verbal (menganalisa gambar-gambar berhubungan), management style diagnostic test, personal preference, army alpha test, krepelin pauli (tes kertas koran), wartegg (menggambar dalam 8 kotak), gambar pohon, gambar orang, dan wawancara psikolog. Untuk detail setiap tesnya, silahkan anda cari di Google, hitung-hitung sekalian mendapatkan contoh soal untuk berlatih.

Interview User
Pada AFGP batch pertama ini, interview user dilakukan dengan lebih canggih, menggunakan video call aplikasi messaging LINE. Saya rasa, interview semacam ini sangatlah adil untuk peserta. Interview online memungkinkan semua orang untuk mendapatkan kesempatan kerja dari manapun ia berada, jauh atau dekat. Seperti interview user pada umumnya, peserta akan diwawancarai oleh kepala Divisi/Departemen sesuai dengan bidang/jurusan peserta. Kalau anda lulusan Teknik Pertambangan, mungkin anda akan diwawancarai oleh orang pertambangan ANTAM. Karena saya orang Sistem Informasi, maka saya diwawancarai oleh seorang kepala bidang ICT ANTAM.
Pertanyaan yang diajukan sangat beragam. Awalnya, saya diminta memperkenalkan diri, menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri, menjelaskan salah satu ilmu yang paling saya sukai saat kuliah, ditanya mengenai hal-hal teknis seputar IT di perusahaan (bagaimana keamanan aset IT, bagaimana software dikatakan bagus, bagaimana koneksi suatu web terjadi). Selain itu saya ditanyai mengenai hal-hal yang berbau psikologis saat bekerja, seperti bagaimana saya mengatasi kejenuhan bekerja, siapkah saya ditempatkan di lingkungan kerja bersama orang dengan latar belakang beragam, siapkah saya mempelajari hal-hal teknis yang kurang saya pahami saat kuliah, dan lain sebagainya. Interviewer saat itu hanya satu saja, dan kebetulan bapak interviewernya sangat friendly sekali. Tekanan psikis terjadi karena saya ditanyai hal-hal teknis yang sudah saya lupakan semenjak saya lulus. Hehehe. Jadi saran saya saat interview user adalah anda harus kembali mengingat sekilas ilmu yang pernah anda pelajari saat kuliah dulu.

Interview HRD
Interview HRD merupakan tes terakhir dari seleksi AFGP Antam. Interviewer terdiri dari dua orang, yaitu pimpinan HRD ANTAM dan pimpinan Learning and Development ANTAM. Pertanyaan yang diajukan hampir mirip dengan interview psikolog, hanya saja interviewer akan lebih mengorek apa yang kita tuliskan di Curriculum Vitae secara lebih dalam.  Saat itu saya juga ditanyai mengenai prestasi terbesar, kemampuan bermultitasking, keinginan menjadi pemimpin, stress terbesar saya, cita-cita saat saya sudah berumur 30 tahunan, dan lain sebagainya. Saran saya, santai saja saat anda diwawancarai, jawab pertanyaan dengan jujur dan terbuka. Interviewer juga akan menjelaskan benefit apa saja yang akan kita dapatkan di program AFGP. Sebagai bocoran, dengan mengikuti program ini anda akan mendapatkan uang saku, asuransi kesehatan, akomodasi, dan uang transport selama anda mengikuti program. Jika anda mengikuti program full selama satu tahun, anda akan mendapat sertifikat dan kesempatan menjadi karyawan PT ANTAM.

Tes Kesehatan
Alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti Medical Check Up. Tes kesehatan diselenggarakan di kota pilihan masing-masing peserta yang bekerja sama dengan klinik BRI dan Kimia Farma. Tes kesehatan meliputi: tes darah, tes urine, tes tekanan darah, foto thorax, tes mata, tes buta warna, rekam jantung, dan pengamatan manual oleh dokter umum.
Saat itu saya yakin, sebenarnya saya lolos tes kesehatan ini, kondisi tubuh saya sehat. Namun ANTAM terpaksa harus menggugurkan satu peserta. Hal ini karena peserta yang ikut tes kesehatan berjumlah tiga orang untuk departemen IT, sedangkan yang dibutuhkan hanya dua orang. Dan ternyata peserta yang gugur di medical check up untuk AFGP departemen IT adalah saya. Saya tidak menyesal dan berkecil hati dengan hasil tes AFGP ini. Malah saya sangat merasa beruntung karena dapat mengalami semua rangkaian tes hingga tahap akhir dan dapat berbagi pengalaman dalam tulisan ini. Toh yang namanya rezeki sudah ditetapkan Allah SWT. Kalau bukan rezeki untuk kita, mau dikejar sampai capek pun tidak akan kita dapatkan. Yang terpenting adalah optimis dan selalu memberikan performa yang terbaik ketika kita melalui serangkaian tes lowongan kerja.



76 comments:

  1. Haloo kak, untk pengetahuan umumnya tentang IT gitu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes yg melibatkan bidangnya itu saat tes wawancara user. Saat itu saya ditanyai mengenai macam2 soal IT: proses terjadinya load website, keselamatan kerja di data center, manajemen resiko IT, jaringan, dan diminta untuk menjelaskan salah satu mata kuliah yang paling kita sukai dulu

      Delete
  2. Dulu brp soal ya kak ? Kebetulan saya juga mau tes online antam hehe makasih jwbannya. Soalnya ini di email dikasih tau 20 tes logika + 15 tes tentang ict gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg lalu saya ada 70an soal logika sebab akibat, pengetahuan umum berbahasa inggris, matematika umum, deret angka.

      Delete
  3. Apakah ada pemeriksaan sertifikat toefl,ijasah,dll ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk perekrutan AFGP Antam 2016 yg pernah saya ikuti, di awal perekrutan kita harus mencantumkan nilai ijazah dan toefl yang sesuai standar pada form online. Setelah itu kita harus mengirimkan softcopy berkas-berkas seperti cv, ijazah, toefl dll untuk proses pengecekan.

      Delete
    2. Terimakasih infonyaa :)
      Antam buka lagi ternyata..dicoba lagi aja kak..goodluck !

      Delete
  4. Pas awal itu kita cuman isi form pendaftaran ya? Untuk rangkaian testnya nnanti dihubungi lahi apa gmna? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala info akan disampaikan via email dan website. Jadi rajin-rajinlah mengecek web antam dan email anda

      Delete
  5. Kak mau tnya kl interview hrd (tahap akhir) pluang lolosny brp % ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. peluang lolosnya di tahap akhir besar krn jumlah peserta semakin sedikit. Yang banyak cutting peserta saat itu adalah tahap psikotes offline

      Delete
    2. Mksh kak jwbannya... tp syg sy ga lulus di interview akhir. Sy mau berbagi pngalaman jg nie untuk tes antam ubpn sultra thn 2017..secara garis besar tahap seleksinya hmpir mirip dgn sleksi yg diadakan antam pusat, cm perbedaannya interview user dilakukan di tahap akhir.. awalnya sih sy ga th perbedaannya ap, tp setelah mengikuti smpai pengumuman seleksi akhir ternyata sy mendapatkan sesuatu yg mencengangkan, praktek kolusi diperusahan cabang yg notabene plat merah ini sangat kental, berikut bisa tmn" bandingkan antara hasil akhir sleksi dgn browsur yg ad di web https://ibb.co/cJPn85 dan https://ibb.co/m9j9MQ bs tmn" lht penerimaan yg dipengumuman hanya utk umur max 35 tp dr hasil seleksi umur diats 35thn pun msh tetap diterima. Yg anehnya lg, slh satu peserta yg masih dlm ikatan dinas(ojt) disalah satu perusahaan pun msh ttp diterima. Apakah sprti ini perusahaan plat merah milik pemerintah melakukan recruitmen untuk perusahaannya? Ini lah indonesia. Maaf ni bkn curhat karena sy tdk keterima, tp setidaknya tmn" bisa th seprti ap unit cabang usaha plat merah masih sarat dgn kolusi.. semoga kedepannya ada perubahan biar tidak ad korban seperti sy yg sudah berusaha namun gagal cm karena hal" sperti itu.

      Delete
  6. Haii kak, boleh nanya? Ada interview bahasa inggris ga ya buat afgp (baca2 review katanya ada interview b.ing nya) ? Terus untuk hrd itu kita masih sama kaya user gtu ga (via online) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. interview bahasa inggris tidak ada. Yang berbahasa Inggris hanyalah tes pengetahuan online. Untuk interview HRD dan interview user sama-sama dilakukan via video call LINE

      Delete
  7. Kak mau nanyak, kebetulan saya diundang interview nya di jakarta. Iya interview b inggris tidak ada kk bilang. Tapi bukan kah interview yg kk bilang sama test pengetahuan online yg via video call LINE berbahasa inggris jga kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yg saya jelaskan di atas: Tes pengetahuan online tidak via video call, namun via web classmarker, mengisi jawaban pilihan berganda begitu.

      Delete
  8. Mbak saya mau tanya klo soal tes berpengalaman sma fresgraduate sma ngak ya....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tau sih, tp menurut saya seharusnya berbeda

      Delete
  9. kak kalau boleh tahu uang sakunya berapa ya kak?

    ReplyDelete
  10. Permisi kak mau tanya, saya juga daftar antam trus skrg disuruh QCT test, kalo boleh tau itu test yg kaya gimana ya kak? Di emailnya juga bilang boleh pake kalkulator untuk soal matematika . Apakan kk tau QCT itu apa ? Terimkasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slmt mlm novid... q jg d ikut tes antam tuk experience... tp pas ikut QCT tes ga mpe slsai krn ad kslhn koneksi .. klo blh tau, saudara novid dah tes QCT blm? Kira2 ad brp soal? Trims saudara Novid

      Delete
    2. tes QCT adalah tes matematika. Bentuknya adalah matematika dasar berupa soal cerita.

      Delete
    3. Untuk tes QCT ada berapa soal ya kak.. mslhny qu ga mpe slasai ngerjainnya.. trims kak Eka

      Delete
    4. saya ngga menghitung berapa jumlah soalnya, karena setiap soal yg ditampilkan tidak diberi nomor soal

      Delete
    5. Untuk tes QCT ada berapa soal ya kak.. mslhny qu ga mpe slasai ngerjainnya.. trims kak Eka

      Delete
  11. mau nnya kira2 berapa lama waktu tes nya dari tahap pertama sampai trakhir? mksh

    ReplyDelete
  12. Halo, mba Eka.
    Salam kenal, nama saya David.
    Untuk tes mata, apakah ada persyaratan tidak boleh pake kacamata atau maksimal minus berapa ?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau mengenai kriteria tes mata. Tapi jika melihat pelamar yang terpilih, saya rasa boleh berkacamata. Beberapa diantara mereka berkacamata

      Delete
  13. Hai kak, trimakasih sharing pengalamanya, brati yg tes online itu cuma sebab akibat dan pengetahuan umum ya ? Kira2 untuk tes yg diadakan besok secara online apa apa saja ya yg perlu saya siapkan? Terimakasiihh

    ReplyDelete
  14. beda nya program fresh graduate sama officer ap ya mb?

    ReplyDelete
  15. Saya mau tanya mbak, kalo tes kesehatan itu kita bayar sendiri atau gratis dari perusahaan ?

    ReplyDelete
  16. halo mba mau nanya untuk tes AFGP apakah sama tesnya dengan officer fresh graduate/experience antam yang akhir2 ini ada lowongannya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya baru mengikuti proses seleksi AFGP, maka saya tidak tahu untuk tes ANTAM lainnya.

      Delete
  17. Hallo mbak..mau tanya saya sudah ikut tes AFGP/Experience, saya sudah ujian materi QAQC. sekarang saya sedang menunggu pengumuman. saya mau tanya setelah tahap tes materi. tes selanjutnya apa lagi ya,kira-kira.
    terima kasih mbak

    ReplyDelete
  18. Mba mo tanya, info test keseharan dr test sampai hasil brp lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk AFGP 2016 saat itu hanya satu minggu

      Delete
  19. Mba di info klo ga lulus atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahap terakhir dikirim e-mail siapa saja yg lulus. Sedangkan tahap sebelumnya, jika anda merasa lama tidak menerima info lanjut ke tes selanjutnya silakan cek web antam.com di bagian peluang karir (carrier opportunities)

      Delete
  20. mba mau tanya apa sekarang test nya mulai dari interview/wawancara dulu? saya dapat telfon dan email hari kamis untuk interview.

    ReplyDelete
  21. mba mau tanya, itu daftarnya bisa semua jurusan atau jurusan tertentu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya bisa ditemukan di poster AFGP postingan ini. :)

      Delete
  22. Mba, antam buka prog apa saja slain AFGP? Dan tingkatan tertinggi dari prog perekrutannya itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. antam membuka bermacam-macam posisi. Jika saya perhatikan, banyak perekrutan untuk menjadi pegawai kontrak. Untuk info terupdate, antam selalu membagikan info lowongan kerja di official websitenya antam.com bagian Carrier Opportunities

      Delete
  23. Boleh tanya mba? saya juga bakal ngadepin psikotes nih, kalo boleh tau pertanyaan apa aja ya mba yang diajukan saat wawancara dengan psikolog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh minta kontaknya ga? saya juga dapet undangan tahap wawancara soalnya, tapi ga yakin

      Delete
    2. aku juga sama mba ada undangan untuk test recrutme di antam untuk tanggal 24 july.
      btw hanya untuk IT?
      aku dari jurusan komunikasi. so how about test? test pengetahuan umumnya semua tentag IT?

      Delete
  24. Hallo, mbak,,, saya sudah membaca pertanyaan pertanyaan yang sudah terjawab sebelumnya dan sangat membantu sekali. Saya mau tanya apakah semua interview di PT. antam dilakukukan lewat line vidcall?? Kebetulan saya lolos untuk interview user di PT. antam tapi bukan program AFGP melainkan admin and officer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mba berly. Kebetulan saya juga lolos untuk interview user. nah seminggu kemudian saya dikirimin email dari PT Antam bahwa esok paginya sekitar jam 10 pagi akan wawnacara human capital development. Kalo untuk AFGP dan admin officer tahapan interviewnya sama. pake line videocall semua.

      Delete
    2. kira2 interviewnya gimana ya mbak dan mas ? pertanyaannya seputar jurusan kuliah atau posisi yang dilamar ? saya melamar di posisi general affair & supply chain management. saya lulusan teknik konversi energi.

      Delete
    3. keduanya. Pengalaman kuliah/kerja sebelumnya dan posisi yg dilamar

      Delete
  25. mba itu hasil MCU yg lolos atau gak lolos diumumkan gk ya? lewat ap y di umumkan ny?terimakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung diberitahu siapa saja yg lolos via email dan web. Untuk detail hasil pemeriksaan masing2 pelamar tidak diberitahukan

      Delete
    2. kalo gak lolos MCU tetap di beritahukan lewat e-mail kah? thank you

      Delete
    3. dulu semua yg ikut MCU (lolos dan tidak lolos) akan diemail oleh panitia

      Delete
    4. thank you infonya. udah hampir dua bulan after MCU gak ada email nih. (anggap aja gak keterima kali yak hehe)

      Delete
  26. Kak kebetulan saya dpt panggilan untuk ikut seleksi bagian marketing
    di rs antam medika.kira-kira proses seleksi nya apa aja ya

    ReplyDelete
  27. Kak mohon infonya,,
    berarti untuk Tea Tahap Psikotes para peserta langsung datang ke lokasi tes yg di tentukan ANTAM ya kak (Tidak online) ??

    Trimakasih

    ReplyDelete
  28. mbak maaf ganggu mau tanya untuk tes kesehatan, itu kan ada buta warna kalau boleh tau berapa banyak tes warnanya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa berapa banyak. Yang pasti tesnya menggunakan beberapa lembar kertas yang masing2 isinya terdapat lingkaran dengan angka / garis di dalamnya. Jika kita bisa membaca angka2 tersebutm dengan tepat, maka kita tidak buta warna

      Delete
  29. trimakasih ya ka udah share pengalamannya, saya ikut seleksi Antam diposisi General Affair & Supply Chain Management. tau gak ka gambaran interviewnya gimna ? saya lulusan tek. konversi energi. pertanyaannya seputar jurusan kuliah atau tentang posisi yang dilamar ya ka ??

    ReplyDelete
  30. Maaf ka utk interview user pake bahasa inggris apa indonesia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua interview berbahasa Indonesia

      Delete
    2. Alhamdulillah😂 thanks kak

      Delete
  31. Halo kak, Maaf mau tanya kalo dulu ketika tes, berapa lama ya waktu nya dari mulai daftar hingga pengumuman medical check up nya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibaca di bagian paling awal tulisan ini, desember - januari

      Delete
  32. Terima kasih banyak ka infonya, bermanfaat banget. Good luck karir ke depannya

    ReplyDelete
  33. Kak, boleh minta saran untuk aplikasi buat editing videonya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling simple pake camtasia. Yang lebih advanced bisa pake Adobe Premiere Pro atau After Effect

      Delete
  34. hi kak, mau nanya. kalau untuk uplad video di youtube. apa kita harus ngisi formulir pendafataran lagi ya? soalnya aku bingung ngisi formulirnya dimana dan disana dia juga nyuruh sertakan link youtube. mohon balasannya ya kk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada form online dari websitenya antam. Pasti dishare sama orang antamnya

      Delete
  35. Terimakasih kak infonya sangat bermanfaat. Saya nimbrung nanya boleh ya. Saat ini saya sudah tes psikologi, kemudian bentar lg (sepaket, belum ada gugur disini) tes bahasa (dalam waktu dekat). Dulu kakak tesnya pakai TOEIC jg ya? Kemudian kira-kira brp hari pengumuman lanjutannya?

    ReplyDelete