Thursday, August 2, 2012

Sepenggal Pesan, Little Brother

What do i want to tell you about? Umm, I think I’d like to tell you about my lovely little brother. Bener, kalimat sederhananya, gue mau curhat dikit tentang adek gue, Panji Asmara Setiawan atau yang entah kenapa orang-orang lebih suka manggil dia dengan nickname Aji.
Gue masih inget, bener-bener inget akan sesuatu hal kecil. Di kala masih sekolah di TK (Taman Kanak-Kanak), gue berharap banget punya seorang malaikat kecil nan lucu buat nemenin hari-hari gue. Maklum, gue itu anak sulung. Gue merasa hampa kalo misalnya harus main sendirian di rumah, apalagi ketika itu tetangga yang punya anak seumuran sama gue udah pada pindah. So, iming-iming Ibu agar gue punya adek pun dengan mudah gue terima.
“Eka kalo mau punya adek, tiap malem harus doa supaya Tuhan mau ngabulin permintaan Eka,” bujuk Ibu. Ngedenger nasehat itu, tiap malem sebelum tidur gue berdoa agar Ibu dan Bapak kembali dikaruniai momongan.
Akhirnya seorang malaikat kecil terlahir dari rahim Ibu. Sang malaikat kecil berhasil menyihir perhatian kami semua. Ibu dan Bapak mulai lebih disibukkan dengan bertambahnya satu anggota keluarga di rumah kami. Gue juga berubah. Yang sebelumnya masih suka dimandiin Ibu, dipakein baju sama Ibu, disuapin, dan lain sebagainya, sejak saat itu ngelakuin hal-hal tersebut sendiri. Gue merasa kudu paham untuk sedikit hidup mandiri.
Waktu terus berputar tanpa letih. Gue dan sang malaikat kecil, Aji tumbuh dan berkembang. Mulai ada rasa iri yang menyertai hari-hari.
Mungkin karena Aji lebih kecil, dia jadi lebih disayangin ortu. Ga jarang gue sering merajuk karena perbedaan itu. Ga hanya itu aja, kami juga mulai beringas, saling serang dan teriak ketika bermusuhan. Hihihi, maklum lah, masih kecil.
Hal itu terus terjadi, namun kini mulai terkikis ketika gue telah memasuki masa dewasa. Gue ngerasa lebih sayang, bahkan mulai bersikap protektif terhadap Aji. Gue berikir bahwa nantinya Aji bakal ngerasain proses penuh gejolak yang disebut dengan masa remaja. Yang gue tahu dan alami, jaman semakin berkembang, ga hanya lebih baik namun juga lebih gila. Gue takut nantinya dia bakal banyak menyimpang. Gue takut dia bakal jadi anak yang ngelunjak dan susah bedain antara hal yang baik dan yang buruk. Gue bener-bener takut dan khawatir. “GUE SAYANG LO, DEK. Gue ga mau hal-hal buruk terjadi pada lo,” kata-kata itu yang kini selalu bergema di lubuk hati gue, suatu tempat dimana orang lain ga akan pernah bisa ngeliat sisi-sisi tersendiri gue.
Yang kini gue coba buat ngerawat Aji adalah perhatiin dia dari jarak yang pas. Ga jauh, karena gue ga mau kehilangan jejak adek gue. Dan ga terlalu deket, karena gue ga mau dia ngerasa kalo gue adalah sosok yang ngegangu dan mengekang. Gue juga nyoba buat memperbaiki beberapa sisi minus dalam diri gue, gue ga mau Aji nyontek kejelekan gue. Gue harus jadi kakak yang baik buat dia, KAPAN PUN itu. Sementara ini, gue beropini ini jalan terbaik.
“Gue ga tahu gimana cara yang paling tepat buat ngelindungin lo, Ji. Tapi gue berharap, suatu saat nanti lo bisa jadi sesosok orang baik dan berguna seperti yang Ibu, Bapak, dan gue impiin. Kami semua sayang lo! Hati-hati terus, jangan sampe lo sering ngelakuin kesalahan. Jangan ngecewain orang tua, dek!”
Full of love, @EkaMulyaA


2 comments: