Monday, September 21, 2020

Tips ASI Lancar dan Efektif untuk menaikkan Berat Badan Bayi

Hi semuanyaaaaa.
Sudah lama saya ga ngeposting lagi. Anw, alhamdulillah di tahun 2019 lalu saya menikah dan langsung melahirkan anak di tahun 2020. Perjalanan sebagai ibu baru memang banyak rintangan, but overall I enjoy to be a mom.
Salah satu tantangan mendasar bagi seorang ibu baru adalah menyusui anaknya. Padahal ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi.  ASI harus diperjuangkan. Namun, ada saja masalahnya. Mulai dari ASI mampet, puting lecet, mastitis, dan lain sebagainya. Saya pun sudah mengalaminya. Sekarang usia bayi saya 7 bulanan. Alhamdulillah bisa memberikan ASI untuk anak saya, bahkan dapat bonus bayi jadi gemoy dengan berat badan mantappppps. Nih perbandingan foto anak saya saat awal lahir dan saat 7 bulan. Foto pertama ini saat anak saya usia 7 hari, berat badan lahirnya 3,09 kg dan menyusut menjadi 2,875 kg di minggu pertama.
Sedangkan di bawah ini saat usianya 7 bulan, beratnya sudah mencapai 9,6 kg!

Niiiih, saya punya games sebentar untuk buibu.... Silahkan centang yaaa. Coba, seberapa banyak kolom yang sudah dilakukan oleh ibu-ibu.


Berikut saya akan berbagi tips ASI lancar josss ala.... kadarnya. Eh ala ibu Ai
  1. Fokus. Dah, kalo nyusuin fokus ke anak. Senyebelin apapun ayahnya or anaknya, seruwet apapun hari ini, semenarik apapun sosmed dan diskon olshop hari ini, leave it all behind sejenak. Kasih waktu fokus nyusuin, ga kepikiran or ga ngelakuin ini itu. Tp kalo babynya dah teler, ga papa sih dilanjut aktifitasnya.
  2. Makan sebanyak apapun. Jadilah buibu pemakan segala asal bergizi. Yg dulu benci sayur, harus demen. Kacang-kacangan, daging-dagingan gaskeuuun. Ngemil cantik dan gofood grabfood juga ga dilarang. Kalo ibu Ai sih paporitnya ngemil bakpao chikyen, kebab, bakso, mie ayam, brownies. Wadaw abot. Suplemen busui dan ASI booster juga boleh dikonsumsi. Oh ya, untuk menaikkan jumlah ASI, ibu ibu bisa mengonsumsi sayur-sayuran hijau. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas ASI agar lebih berlemak dan efektif meningkatkan BB bayi, maka ibu harus mengonsumsi makanan tinggi lemak.
  3. Minum lebih banyak. Kalo saya sih 3 liter. Lebih baik lagi kalo air putih. Cuman kadang bosen ya, ga papa kasih rasa-rasa dikit. Oiya, usahakan less cafein.
  4. Jangan stress, gausa kepikiran macem2 saat nyusuin. "Aduh, ASI mampet. Aduh ni bayi seharian nangis terus. Aduh, gajian masih lama". BYE!
  5. Jangan cape, harus rileks. Kalo kurang pijet, yo pijeto. Kalo saya sih biasanya dah malem gaada kang pijet, saya tempelin salonpas di pundak. Besoknya langsung full. Mandi air hangat, or berendam bisa. Bisa juga stretching rutin, yoga, sembarang. 
  6. Santuy. Sering nyanyi di kamar mandi, nonton youtube, netflix sembarang.
  7. Perputaran isi PD. Sering-sering DBF (nyusuin langsung), pompa rutin, power pumping bisa dilakukan untuk memberikan sinyal ke badan bahwa kebutuhan ASI tinggi, jd produksi ASI oleh badan gaspollll. Selain itu, dengan sering memompa ASI awal sebelum menyusui bayi, maka kandungan ASI  hindmilk yang lebih berlemak (biasanya keluar belakangan) dapat terminum oleh bayi.
  8. Istirahat. Nyusuinnya sambil rebahan aja, ibu bayi bisa bobo barengan.
  9. Bahagia. Biasanya sih ibu Ai bahagia kalo ditransferin suami ama rutin belanja onlen. Cuddle alias bermanja-manja bareng suami dah jelas bikin seneng hati.
  10. Supporting system. Curhat ke orang yg mengerti anda kl ada masalah. Terus cuekin tuh nyinyiran buibu komplek "duh bayine item, kurus. Duh lahire caesar. Duh biyen jamanku pas duwe bayi carane ga gitu". Duh buibu komplek, I DONT GIVE A F*CK.
Niiih, saya kasih bonus tips untuk power pumping di poin ke tujuh. Dilakukan malam hari ya, antara 00.00-05.00

Hehehehe. Itulah yang biasa saya lakukan hingga saat ini untuk menjaga agar saya dapat terus meng-ASIhi anak saya tercinta hingga dua tahun. Selamat mencoba ibu-ibuuuuu

No comments:

Post a Comment