Sunday, September 15, 2013

Kerupuk

Bisa jadi ini merupakan postingan yang paling engga penting di blog... Tapi yaudah lah ya.

Yang masih belum ngerti apa itu kerupuk, silahkan googling. Dan saya yakin bener bakal muncul "The crackers originate from Indonesia...." di temuan paling atas. Itu adalah definisi kerupuk oleh wikipedia. Lumayan keren sih, mereka tulis 'crackers' ._. Padahal aslinya juga engga sekeren crackers yang biasanya dimakan orang Barat. Jauh beda malahan. Hehe.
Walaupun ga sekeren itu, kayaknya kerupuk ini merupakan sesajen makanan yang kudu ada di tiap kali orang makan. Bisa dibilang I they can't live without kerupuk. Sebegitu pentingnya kerupuk di mata orang-orang. Entah kenapa. Nyokap yang asli Jakarta juga pernah curhat kalo dia di Jakarta jarang liat orang makan kerupuk. Tapi dia ngerasa beda dengan orang Surabaya yang mayoritas adalah orang Jawa, kerupuk naik tahta menjadi makanan primer yang menemani lauk pauk. Setara lah pokoknya. Saking senengnya, terkadang orang-orang beli lebih dari satu jenis kerupuk. Ada juga orang yang bilang kalo tiada lauk, kerupuk pun jadi. Dimakan bersama nasi dan kecap pun udah cukup. Nampaknya kerupuk menjadi solusi terbaik di kala paceklik. Entah kenapa.
Oke, ada lagi temennya kerupuk, namanya keripik. Perbedaan utama dari kerupuk dan keripik menurut perspektif saya adalah: kalo kerupuk buat dimakan dan rasanya relatif standar, sedangkan kalo keripik buat camilan dan rasanya lebih asik. Tapi tetep aja, kerupuk engga kalah terkenal jika dibandingkan dengan keripik. Lagi-lagi entah mengapa


Akhir kata, ini adalah top five kerupuk yang paling beken, khusunya di Surabaya:

Kerupuk putih
 











Kerupuk Ikan
 














Kerupuk udang 
 















Kerupuk puli 
 













Kerupuk (I'm sorry before) upil. Entah mengapa kerupuk seenak ini namanya kudu begitu














No comments:

Post a Comment